Mau Bayi Sehat Saat Menyusui? Hindari 5 Hal ini

Bayi memerlukan ASI selama dua tahun dengan waktu ASI eksklusif selama enam bulan. ASI menjadi asupan yang paling utama untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda. ASI yang berkualitas akan membuat bayi Anda tubuh dengan sehat dan cerdas. Berikut ini 5 hal yang harus Anda hindari agar kebutuhan bayi akan ASI dapat terpenuhi.

  1. Makan Berlebihan

Selama masa menyusui Anda harus menjaga makanan yang dikonsumsi. Sejak masa kehamilan juga sudah Anda mulai agar tidak mengalami obesitas. Selama masa menyusui Anda harus menghindari makan secara berlebihan untuk makanan yang instan dan tidak sehat.

Anda memerlukan makanan yang memiliki nutrisi seimbang sehingga membuat tubuh dapat memproduksi ASI berkualitas. Anda harus makan dengan porsi yang cukup dengan kandungan kalsium, protein, mineral, dan kandungan nutrisi lainnya. Anda harus mendapatkan kalori setiap hari minimal 300 kalori dan maksimal 500 kalori.

Anda dapat mendukung kebutuhan nutrisi agar tidak makan secara berlebihan dengan mengonsumsi susu khusus ibu menyusui. Tujuannya untuk membantu produktivitas ASI menjadi meningkat. Anda bisa mendapatkan susu khusus ibu menyusui dengan membelinya di Jakarta great online sale 2018 dengan berbagai produk berkualitas.

  1. Hindari Kafein

Kafein sebaiknya tidak Anda konsumsi selama masa menyusui karena akan berpengaruh dengan kualitas ASI yang dihasilkan. Mengingat kafein menurut jurnal National Institutes of Health yang menghasilkan sebuah penelitian bahwa kafein dapat terasa di dalam ASI. Artinya ASI Anda akan berasa seperti kopi yang Anda minum karena mengandung kafein.

  1. Junk Food

Junk food merupakan makanan siap saji yang banyak mengandung zat-zat yang akan mempengaruhi kualitas ASI. Nilai gizi yang ada di dalam makanan junk food juga sangat rendah sehingga Anda hanya mendapatkan rasa kenyang tanpa dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Alhasil produktivitas ASI akan menurun dan kebutuhan nutrisi pada bayi tidak terpenuhi. Risikonya akan berdampak pada tumbuh kembang bayi Anda. Junk food yang dikonsumsi akan berpengaruh terhadap perkembangan kognitif bayi Anda di kemudian hari karena ASI yang dikonsumsinya tidak berkualitas.

  1. Sayuran yang Bergas

Apapun makanan yang Anda konsumsi selama masa menyusui akan berpengaruh pada ASI yang dihasilkan. Anda sebaiknya menghindari mengonsumsi sayuran yang mengandung gas yaitu brokoli, kol, kubis, dan terong. Sayuran ini akan membuat bayi Anda menjadi kembung, muntah, iritasi lambung, dan sampai berisiko radang usus karena ASI mengandung gas.

  1. Makanan Penyebab Alergi

Bayi Anda memiliki saluran pencernaan yang rentan mengalami alergi karena belum sempurna. Anda harus menjaganya dengan menghindari makanan yang dapat menimbulkan alergi. Mengingat semua makanan yang Anda konsumsi zatnya akan masuk ke dalam ASI. Beberapa makanan yang harus Anda hindari seperti udang atau makanan yang menimbulkan alergi.

Anda bisa melakukan pemberian ASI kepada bayi dengan menggunakan pompa ASI untuk membantu jika Anda akan bepergian. Anda bisa membelinya di orami.com yang merupakan toko online perlengkapan ibu dan bayi yang berkualitas.

Leave a Comment