Kamar Tidur Terlalu Terang Bisa Bikin Stres

Tidur nyenyak setelah menjalani aktivitas padat seharian adalah harapan setiap orang. tapi bagaimana jika justru kamu tak bisa tidur malam hari karena terlalu terang? Tahukah kamu, bahwa ruangan kamar yang terlalu banyak lampu menyala dan tidur dalam keadaan kamar tidur yang terang bisa membuat stres meningkat dan tidur tidak nyaman?

Penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Nara Medical Universitymenunjukkan bahwa seberkas cahaya saja yang masuk ke dalam kamar, entah itu cahaya natural dari bulan, lampu jalanan atau bahkan lampu dari smartphone, berpotensi mengganggu jam tidur alami tubuh dan meningkatkan risiko depresi dari waktu ke waktu.

Ketua dan penulis penelitian Kenji Obayashi, MD, PhD, antara tahun 2010 hingga 2014 melihat 863 partisipan Jepang dan membagi dua grup dengan perbedaan banyak sedikitnya cahaya di dalam kamar. Dan ternyata, hasil didapatkan bahwa orang dengan kondisi kamar sedikit atau tidak ada sama sekali cahaya lebih nyenyak tidur dibanding mereka dengan keadaan kamar banyak cahaya.

Tidur yang cukup mempengaruhi baik kesehatan fisik maupun mental, jadi jika kamar tidur punya lampu sangat terang, pastikan untuk mematikannya dan jika cahaya terang berasal dari luar kamar, tutup jendela, gorden atau pintu kamar untuk menciptakan suasana gelap sehingga bisa tidur nyenyak ya.

Leave a Comment